Archives Desember 2019

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Istanbul – Turki 2020

KeteranganJadwal
Pendaftaran Ujian YOS6 Januari 2020 – 6 Maret 2020
Ujian YOS11 April 2020. Jam 15.00 waktu Turki
Pengumuman Hasil Ujian15 Mei 2020
Pemilihan Jurusan15 Juni 2020 – 26 Juni 2020
Pengumuman Akhir8 Juli 2020
Keluar Surat Penerimaan (LoA)10 Agustus 2020

Daftar Kuliah di Universitas Istanbul

Baca juga :

Please follow and like us:

10 Alasan Kamu Harus Kuliah di Turki

1. Peluang Pendidikan Berkualitas Tinggi

Turki adalah negara kedua di dunia dalam akses ke pendidikan tinggi dengan tingkat sekolah 94,2%. Turki yang terlibat dalam Area Pendidikan Tinggi Eropa menerapkan Proses Bologna dengan cara yang sempurna; Laporan Bologna kami adalah 5 dari 5. Jadi, diploma yang kamu terima dari sebuah universitas di Turki diakui di semua negara Eropa! Sebagai sistem kredit kursus, ECTS diterapkan sesuai dengan Eropa dan semua siswa diberikan Tambahan Diploma. Selain itu, Turki adalah salah satu negara paling sukses yang berpartisipasi dalam program pertukaran di bawah Erasmus +. Selain Erasmus, ada banyak program pertukaran di Turki, seperti Mevlana, Farabi, yang mendukung mobilitas mahasiswa dan dosen. Artinya jika kamu kuliah di Turki, kamu juga punya kesempatan untuk menimba ilmu di negara eropa lainnya.

2. Keanekaragaman Universitas dan Program

Ada 206 universitas di Turki dengan populasi 82 ​​Juta. Jumlah siswa hampir 8 juta. Dengan jumlah siswa ini, Turki adalah negara pertama dengan siswa terbanyak di Area Pendidikan Tinggi Eropa. Ada total 58.092 program berbeda di 206 universitas. Dalam variasi seperti itu, kamu pasti akan menemukan universitas dan program yang kamu inginkan.

3. Kehidupan Multikultural

Turki, yang telah menjadi tuan rumah bagi banyak peradaban yang mengakar di wilayahnya selama ribuan tahun, hampir merupakan mozaik budaya! Di negara ini di mana banyak peradaban telah berdiri, semua orang saling toleran dan saling menghormati. Turki, di mana kamu dapat menemukan kedamaian dan mungkin dapat bertemu orang-orang yang berasal dari berbagai negara dan budaya yang berbeda.

4. Kecantikan Alam

Turki, yang mengalami empat musim, memiliki reputasi karena keindahan alamnya di seluruh dunia. Kamu dapat menikmati berenang dan olahraga air di laut yang mengelilingi Turki, kamu dapat bermain ski di banyak kota di pegunungan, kamu dapat menikmati arung jeram di sungai dan mengalami banyak olahraga ekstrem. Kamu akan merasakan seperti di surga di Turki di mana banyak keindahan yang hanya akan membuat kamu terpesona dengan pemandangannya!

5. Warisan Sejarah dan Budaya

Berdasarkan sejarah yang panjang, ada ribuan monumen bersejarah dan budaya di Turki, banyak di antaranya dilindungi sebagai Warisan Budaya UNESCO. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari, kamu akan menemukan jejak sejarah yang sangat menarik.

6. Ramah Mahasiswa

Dengan setidaknya satu universitas di setiap kota, Turki adalah negara yang ramah mahasiswa! Klub sosial, tim olahraga, dan acara budaya di setiap universitas menyatukan mahasiswa dan membuat lokasi geografi yang dekat. Ketika kamu tiba di Turki, kamu akan memahami bahwa titik paling aktif di kota adalah tempat di mana siswa bersosialisasi! Dengan kafe, restoran, dan perpustakaan tempat para siswa berkumpul, kota-kota seperti hidup 24 jam sehari. Pasti seru banget kan kalau kamu kuliah di Turki.

7. Orang-orang Turki yang ramah

Keramahan orang-orang Turki telah melegenda di seluruh dunia! Sebagai seorang siswa, jika kamu meminta bantuan, orang akan melakukan yang terbaik dengan segala ketulusan dan keramahan. Orang Turki akan menyambut kamu sebagai tamu dan memiliki banyak suguhan untuk membuat kamu puas. Kamu pasti akan sangat betah tinggal disini.

8. Kampus Teknologi Modern

Mana pun dari 206 universitas yang kamu tuju, kamu akan mengalami kehidupan kampus yang modern dan nyaman, dilengkapi dengan teknologi terbaru.

9. Kondisi Hidup yang Mudah

Kehidupan di Turki lebih terjangkau daripada kebanyakan negara. Kamu dapat memenuhi kebutuhan, seperti akomodasi, makanan dan minuman, dan hiburan dengan harga terjangkau. Kamu dapat tinggal di asrama di dalam atau di dekat kampus Universitas, atau menyewa rumah dengan harga yang masuk akal. Selain itu, transportasi apa pun yang kamu pilih sebagai mahasiswa, kamu akan mendapatkan harga diskon, atau menonton film di bioskop dengan harga lebih murah.

Turki juga merupakan negara yang mudah dijangkau karena berada di benua Asia tengah dan Eropa. Apa pun cara yang kamu pilih untuk menjelajahi Turki, yang menjadi tuan rumah tempat-tempat wisata yang tak terhitung jumlahnya, kamu dapat tiba di tempat yang kamu inginkan dengan cepat dan nyaman.

10. Peluang Belajar Bahasa Turki

Beberapa program di Universitas di Turki adalah dalam bahasa Inggris. Selain itu kamu juga bisa belajar bahasa Turki, bahasa ke 5 yang paling banyak digunakan di dunia! Kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar bahasa baru dalam kursus bahasa Turki yang ditawarkan Universitas , dan kamu bisa berteman dengan orang-orang dari berbagai budaya.

Sumber : http://www.studyinturkey.gov.tr/StudyinTurkey/StudyinTurkey

Informasi kuliah di Turki : https://fatihgazi.com/

Please follow and like us:

Kuliah di Turki? Disini Juga Banyak Kampus Bagus

Hai. Pernah dengar kalimat di atas? Jadi gini, beberapa tahun terakhir ini, kuliah di Turki memang lagi ramai. Banyak siswa Indonesia yang memilih kuliah di Turki karena berbagai alasan. Misalnya, kualitas pendidikannya bagus, standar eropa, alamnya indah, budayanya menawan, kaya akan sejarah dan biayanya murah.

Nah, beberapa waktu yang lalu, sempat viral ada siswa bernama N yang ceritanya dia mau kuliah di Turki. Lalu buka donasi di salah satu website penggalang dana. Rame dong. Enak banget kuliah di luar negeri tapi minta donasi. Oke, kita tidak akan membahas pro kontra tentang apa yang dilakukan si N atau siapapun yang ada di belakangnya.

Intinya salah satu yang disorot itu adalah banyak netizen yang membandingkan universitas yang dipilih N itu dengan Universitas Indonesia. Ratingnya jauh banget katanya. Iya memang betul. Sehingga banyak komentar negatif tentang kuliah di Turki. “Ngapain kuliah di Turki, di Indonesia juga banyak universitas yang bagus.”

Untuk urutan rating universitas di Turki. Teman-teman bisa cek disini. Di artikel ini saya mau bahas, ada banyak banget hal yang bisa kamu dapatkan kalau kamu kuliah di luar negeri termasuk di Turki. Walau pun katakanlah kamu kuliah di Turki itu di universitas yang biasa-biasa aja. Tapi ketika terjun ke dunia kerja, kemampuan kamu akan sangat diperhitungkan.

Oke kita coba bahas santai ya.

Mandiri

Ini hal yang sangat mahal dan hanya bisa kamu dapatkan kalau kuliah di luar negeri. Bayangkan kamu tinggal jauh dari orang tua untuk menuntut ilmu. Harus mengatur uang bulanan sendiri. Mengurus keperluan pribadi sendiri. Mulai dari cuci baju, setrika, cuci piring, bahkan masak. Benar-benar mandiri. Walau pun kalau kamu tinggal di asrama, gak semuanya harus kamu kerjain sendiri juga.

Maka dari itu, tidak semua orang bisa kuliah di luar negeri. Cuma orang yang berani dan mandiri yang bisa. Banyak juga kasus anak yang dipaksa orang tuanya kuliah di luar negeri. Udah dikasih uang dan fasilitas. Tapi malah pulang karena gak kuat. Jadi kuliah di Turki itu benar-benar mengajarkan kamu mandiri.

Pergaulan Luas

Bayangkan jam makan siang, kamu duduk lalu kamu satu meja dengan orang Jerman, Rusia, Prancis, Kazakistan, Kirgiztan, Ozbekistan, Suriah, Palestina dan lain-lain. Lalu kalian ngobrol cerita tentang negara kalian masing-masing. Mulai dari budaya, ekonomi, masyarakat, pendidikan dan lain sebagainya. Seru banget kan?

Kalau kamu kuliah di universitas dalam negeri sangat kecil kesempatan kamu untuk bisa melakukan itu. Di Turki itu sudah hal biasa. Tiap hari kita bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara. Jadi ketika lulus kuliah dan kembali ke Indonesia nanti, kamu punya banyak teman dari berbagai negara di belahan dunia.

Saya pernah mengalaminya, ketika berkunjung ke Jerman, disana sudah ada teman, diajak jalan-jalan deh. Ketika ke Prancis juga sudah punya teman. Dunia terasa gak luas-luas banget kayanya. Ya itu, karena punya banyak teman.

Belum lagi kalau kamu menggunakan jaringan teman-teman kamu untuk berbisnis atau bekerjasama di kemudian hari. Wah, mantap kan. Bisa jual tahu bulat di Jerman misalnya. Hehe.

Menguasai Bahasa Asing

Tahu gak sih guys, beberapa tahun ke depan menguasai bahasa Inggris itu sudah bukan nilai plus lagi, tapi sudah jadi kewajiban. Artinya apa, kalau kamu melamar pekerjaan dan kamu bisa bahasa Inggris, ya itu biasa. Karena semua orang sudah pinter bahasa Inggris. Anak umur 3 tahun juga sekarang nonton youtube kartun bahasa Inggris kan?

Makanya sekarang itu lagi rame orang kuliah di luar negeri yang bahasa pengantarnya bukan bahasa Inggris. Misalnya Jerman, Prancis, Cina, Korea, Jepang, Arab Saudi, Mesir, termasuk Turki.

Kalau kamu kuliah di Turki dan menguasai bahasa Turki. Nah itu akan jadi nilai tambah saat kamu akan bekerja nanti. Pasti akan lebih menarik perhatian dibandingkan dengan orang lain yang cuma bisa bahasa Inggris.

Kesempatan Kerja Lebih Tinggi

Saya pernah bekerja di sebuah perusahaan di daerah Jakarta. Kebetulan teman saya seorang HRD, pas kita lagi buka lowongan kerja, kan banyak tuh lamaran yang masuk. Kebetulan saya iseng lihat-lihat dong. Itu banyak banget CV yang tersingkirkan. Padahal rata-rata lulusan universitas negeri favorit loh. Serius. Saya tanya kenapa gak diterima. Katanya CV nya biasa-biasa aja. Gak ada pengalaman yang menarik.

Intinya perusahaan sekarang mencari orang yang punya pengalaman internasional, berwawasan luas dan handal. Saya yakin kalau kamu bawa ijazah dan pengalaman dari Turki, pasti lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Pola Pikir Lebih Matang

Tahu gak sih, ternyata salah satu keunikan belajar bahasa itu adalah bisa membentuk pola pikir. Setiap bahasa itu punya karakter masing-masing yang berbeda-beda. Dan itulah yang sangat mempengaruhi orang-orang di bangsanya.

Orang yang jago bahasa Jerman, pasti punya pola pikir orang Jerman. Orang yang jago bahasa Turki juga pasti punya pola pikir orang Turki. Walau pun gak seratus persen, tapi itu pasti ada. Makanya dalam bahasa Turki ada pepatah “bir dil bir insan, iki dil iki insan”. Artinya satu bahasa, satu orang, dua bahasa dua orang. Semakin banyak bahasa asing yang kita kuasai, kita juga bisa menjadi banyak orang dalam hal pola pikirnya.

Kesimpulan

Jadi memang di Indonesia banyak universitas yang ratingnya lebih tinggi daripada universitas di Turki. Kita harus bangga. Namun jangan itu dijadikan alasan kita tidak mau kuliah di Turki, karena ada banyak hal yang bisa kita dapatkan, dimana hal yang sama tidak bisa kita dapat di negeri sendiri.

Silahkan kamu tentukan sendiri. Pastikan kamu mendapatkan universitas dan jurusan yang kamu mau. Karena itu sangat menentukan masa depan kamu.

Mudah-mudahan bermanfaat ya guys.

Fatih Gazi Education

Info kuliah di Turki : https://fatihgazi.com/

Baca juga :

Please follow and like us:

Cara Kuliah di Turki. Mudah Banget!

Hai. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara kuliah di Turki. Buat kamu yang sebentar lagi lulus SMA atau mungkin sudah lulus dan punya minat buat kuliah di Turki. Selamat, kamu sudah dapat artikel yang kamu cari. Hehe.

Akhir-akhir ini memang Turki sedang menjadi pusat perhatian. Keindahan alam, kekayaan budaya dan sejarah, ditambah dengan populernya kepemimpinan Erdogan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia untuk berkunjung ke Turki.

Nah buat kamu para pemuda, bahkan kamu punya kesempatan yang lebih hebat lagi, yaitu kuliah di Turki. Karena Turki merupakan negara yang sangat terbuka bagi pelajar Asing. Misalnya di Universitas Istanbul saja, ada lebih dari 7 ribu pelajar asing.

Dan info pentingnya guys, Turki sangat mendorong calon mahasiswa dari negara-negara Afrika dan Indonesia untuk kuliah di sana. Di Universitas Istanbul misalnya, bahkan ada kuota khusus buat orang Indonesia dan Afrika. Mungkin jumlah mahasiswa kita masih kalah banyak ya sama negara-negara sekitar Turki seperti Suriah, Kirgiztan, Kazakistan, Ozbekistan, Albania, Aljazair, Maroko bahkan juga negara eropa.

Langsung aja, inilah beberapa cara kuliah di Turki

Beasiswa Turkiye Burslari

Ini beasiswa paling kece buat teman-teman yang mau kuliah di Turki. Beasiswa ini full abis dari mulai kamu berangkat sampai pulang lagi. Fasilitas yang akan kamu dapatkan jika dapat beasiswa ini adalah :

  • Penempatan di universitas dan jurusan yang kamu tuju
  • Uang saku 700 TL per bulan (S1)
  • Biaya kuliah
  • Kursus bahasa Turki selama 1 tahun pertama
  • Tempat tinggal
  • Asuransi kesehatan
  • Tiket pesawat

Asik banget kan? Tapi yang namanya beasiswa pasti dapetnya gak mudah ya. Kamu harus punya nilai akademik yang baik, prestasi yang bagus dan bahkan kalau bisa punya pengalaman Turki.

Untuk membahas tentang beasiswa Turkiye Burslari ini nanti kita buat artikel khususnya ya teman-teman. Info lebih lanjut bisa kamu cek di website resminya https://turkiyeburslari.gov.tr/tr

Kuliah Mandiri

Cara ini juga banyak banget dilakukan oleh calon mahasiswa dari Indonesia untuk kuliah di Turki. Karena walau pun kuliah dengan biaya sendiri, biaya yang dikeluarkan tidak jauh berbeda dengan kuliah di Indonesia. Biaya kuliah di universitas negeri kisaran 1 – 5 juta rupiah pe semester. Biaya hidup kisaran 3 – 6 juta per bulan. Gak jauh beda dengan pengeluaran kamu kalau kuliah di Jakarta atau Bandung kan.

Nah, kuliah mandiri juga ada dua cara nih guys.

Daftar Kuliah Dulu Baru Berangkat

Ini cara yang paling aman. Jadi pas kamu kelas XII kamu bisa ikut ujian YOS yang diadakan di Indonesia, kamu juga bisa daftar dengan nilai UN kamu. Kalau kamu diterima di universitas dan jurusan yang kamu mau, kamu bisa ambil. Lalu terbang ke Turki. Kalau tidak, kamu masih punya kesempatan untuk kuliah di Indonesia di PTN dan jurusan yang kamu mau.

Dengan cara ini, kamu gak perlu keluar banyak biaya. Dan kalau diterima, kamu berangkat ke Turki sudah sebagai mahasiswa. Karena ketika kamu dinyatakan lulus, universitas akan memberikan Kabul Mektubu atau surat pernyataan bahwa kamu sudah diterima sebagai mahasiswa.

Pendaftaran kuliah di Turki itu sekitar bulan April – Agustus setiap tahunnya ya.

Berangkat Dulu Baru Daftar Kuliah

Ini juga bisa jadi pilihan kamu. Jadi kamu berangkat dulu untuk kursus bahasa Turki. Biasanya ini sekitar di bulan Oktober – Desember. Nah kamu tinggal di Turki untuk kursus dulu, setelah jago tuh bahasa Turkinya, baru di tahun selanjutnya daftar kuliah di Turki langsung. Ini juga banyak dilakukan teman-teman yang kuliah di Turki.

Jangan Nekat Sendiri

Nah buat kamu yang mau kuliah di Turki. Jangan nekat terjun sendiri ya. Karena banyak banget proses yang harus kamu lalui. Ribet gak? Tergantung, kalo kamu gak ngerti ya ribet. Kamu bisa minta bantuan sama teman yang kuliah disana misalnya, atau mungkin ada saudara yang tinggal disana.

Bahkan tidak ada salahnya kamu pakai jasa konsultan. Sekarang ada banyak banget konsultan untuk kuliah di Turki. Saya sudah pernah menelusuri program-programnya. Masing-masing punya program yang berbeda. Kamu tinggal menyesuaikan konsultan mana yang programnya pas sama kamu. Dan yang pasti budgetnya juga masuk sama anggaran kamu.

Oke teman-teman. Segitu aja dulu. Lain kali kita akan bahas lebih detail ya. Sampai jumpa.

Fatih Gazi Education

Informasi kuliah di Turki : https://fatihgazi.com/

Mau daftar kuliah di Turki? Klik disini.

Please follow and like us:

Universitas Istanbul Adalah Universitas Dengan Mahasiswa Asing Terbanyak di Turki

Menurut penelitian, universitas dengan jumlah siswa internasional terbanyak adalah Universitas Istanbul.

Jumlah siswa yang datang ke negara Turki dari luar negeri telah didata. Universitas Istanbul, yang memiliki 7 ribu 226 mahasiswa asing, adalah universitas dengan jumlah mahasiswa asing terbanyak dalam penelitian ini.

Universitas ini adalah yang pertama di antara universitas dengan jumlah siswa internasional terbanyak.

Universitas yang merupakan universitas tertua di Turki ini dinobatkan sebagai yang pertama di antara universitas dengan jumlah siswa internasional terbanyak; Universitas Anadolu berada di peringkat kedua, Universitas Karabük berada di posisi ketiga, Universitas Bursa Uludag berada di peringkat keempat, Universitas Ondokuz Mayis berada di peringkat kelima.

IU Department of Corporate Communication

Sumber : https://www.istanbul.edu.tr/tr/_

Mau kuliah di Istanbul University? Klik disini.

Please follow and like us:

Universitas Istanbul Merupakan Salah Satu dari 500 Universitas Kedokteran Terbaik Dunia

Universitas Istanbul telah menempati peringkat di antara 500 Universitas Terbaik Dunia di World University Ranking 2020 yang diterbitkan oleh “Times Higher Education”.


Times Higher Education menerbitkan World University Rankings 2020. Dalam peringkat yang melibatkan sekitar 1.400 universitas dari 92 negara, Universitas Istanbul berada di peringkat antara 401-500 di bidang klinis, praklinis, dan kesehatan.


Dalam konteks Laporan Peringkat Universitas Dunia terbaru yang terluas dan paling beragam di dunia, evaluasi dilakukan sesuai dengan bagan yang dibentuk dengan 13 indikator kinerja berkualitas. Dalam bagan ini, pendidikan, penelitian, transformasi data, dan aspek internasional dinilai dalam kinerja lembaga. Peringkat tersebut dikendalikan oleh PricewaterhouseCoopers, yang merupakan yayasan profesional secara independen.


Universitas Oxford menempati peringkat pertama selama empat tahun berturut-turut, sedangkan Universitas Cambridge mengalami kemunduran dan menjadi yang ketiga dalam peringkat tersebut. Sementara California Institute of Technology berada di peringkat kedua dengan naik tiga baris; Stanford, Yale, Harvard, dan Imperial College of London menempati sepuluh tempat pertama.

IU Department of Corporate Communication
Story by Tuğçe Ayçin

Please follow and like us: