Kelebihan Dan Kekurangan Kuliah di Turki

Hai guys. karena banyak yang tanya, pada artikel kali ini kita akan membahas hal yang cukup menarik. Yaitu kelebihan dan kekurangan kuliah di Turki.

Buat kamu yang sebentar lagi lulus SMA, kamu pasti sedang cari universitas sebagai langkah awal menentukan masa depan kamu. Karena sekarang sedang tren kuliah di Turki, mungkin kamu tertarik tapi ragu untuk kuliah di Turki. Oke, kita bedah sama-sama ya.

Kelebihan Kuliah di Turki

Standar Pendidikan Eropa

Bukan rahasia lagi, salah satu kelebihan kuliah di Turki adalah sistem pendidikan di Turki sudah mengadaptasi Bologna proses. Yaitu sistem pendidikan yang berlaku di Eropa. Artinya kalau kamu kuliah di Turki, kamu punya kesempatan untuk mengikuti program Erasmus, yakni program pertukaran pelajar di negara-negara Eropa. Seru banget kan?

Pergaulan Internasional

Saat ini Turki menjadi salah satu destinasi pendidikan yang cukup diminati. Bukan hanya oleh pelajar dari Indonesia, tapi juga dari berbagai penjuru dunia. Sistem pendidikan yang bagus, kekayaan sejarah dan budaya, keindahan alam dan biaya yang terjangkau menjadi alasannya.

Dengan begitu kamu bisa punya banyak teman dari berbagai negara. Misalnya Kazakistan, Kirgiztan, Özbekistan, Rusia, Jerman, Prancis, Belanda bahkan dari negara-negara Afrika.

Biaya Kuliah Murah

Pemerintah Turki memberikan subsidi yang sangat besar untuk pendidikan. Sehingga kalau kamu kuliah di universitas negeri, biayanya sangat murah. Misalnya di Universitas Suleyman Demirel, fakultas kedokteran hanya sekitar 2 juta rupiah per semester. Bayangkan kalau kamu kuliah di Indonesia, berapa ratus juta yang harus kamu keluarkan untuk kuliah jurusan kedokteran.

Selain itu kuliah di Turki tidak ada uang pangkal. Jadi kamu hanya perlu membayar uang semester saja. Misalnya biaya kuliah kamu per semester 2 juta. Artinya sampe kamu lulus, kamu hanya mengeluarkan uang 16 juta rupiah saja. Wow! Murah banget kan.

Persyaratan Mudah

Cara daftar kuliah di Turki gak susah. Karena banyak universitas Turki yang mengadakan seleksi masuk di Indonesia. Kamu tinggal ikut ujian masuk yang soalnya matematika dan IQ, kalau lulus, tinggal bikin visa studi dan berangkat.

Kamu gak mau ikut ujian? Bisa aja, kamu daftar pakai nilai UN dan transkrip nilai. Jalur ini biasa dikenal dengan jalur berkas. Mudah kan?

Pengurusan Visa Studi Mudah

Berbeda dengan kebanyakan negara Eropa lainnya. Untuk membuat visa studi ke Turki benar-benar mudah. Misalnya tidak ada syarat harus melampirkan sertifikat bahasa. Tidak ada syarat deposit money. Kamu hanya perlu melampirkan rekening koran 3 bulan terakhir dan surat referensi bank saja. Ditambah dengan surat penerimaan dari universitas dan bukti booking tempat tinggal/asrama disana.

Kekurangan Kuliah di Turki

Bahasa

Turki merupakan salah satu negara yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang rendah. Artinya kalau kamu tinggal di Turki mau gak mau, suka gak suka kamu harus belajar dan bisa bahasa Turki. Walaupun kamu kuliah di Turki dengan bahasa pengantar bahasa Inggris, kamu tetap saja harus bisa bahasa Turki.

Itulah sebabnya di tahun pertama kamu harus kursus bahasa Turki dulu di TÖMER atau lembaga kursus bahasa Turki baik di kampus atau di luar kampus. Tahun selanjutnya kamu baru bisa mulai kuliah.

Makanan

Salah satu yang biasa jadi masalah pelajar Indonesia yang tinggal disana adalah makanan. Karena masakan Turki dengan Indonesia benar-benar berbeda. Misalnya saja menu sarapan disana. Kamu gak akan Nemu nasi uduk, nasi goreng atau bubur ayam. Menu yang ada adalah roti, keju, zaitun, telur, cokelat, selai, madu, mentimun, tomat, sosis dan lain-lain.

Belum lagi menu makanan yang lain seperti kebab, döner, dürüm, kokoreç, patlıcan, fasulye, biber dolması dan lain-lain. Sebenarnya enak, tapi kalau pertama kali coba mungkin kamu perlu terbiasa dengan rasanya.

Cuaca Yang Berbeda

Sebagaimana yang kita tahu, bahwa Turki adalah negara 4 musim. Bulan Desember sampai Februari adalah musim dingin atau musim salju. Bulan Maret sampai bulan Mei adalah musim semi. Bulan Juni sampai bulan Agustus musim panas. Bulan September sampai bulan November adalah musim gugur.

Apalagi buat kamu nanti yang kebetulan tinggal di kota-kota yang dingin. Seperti Bursa, Erzurum, Isparta dan lain sebagainya. Kamu harus siap dengan suhu -5° sampai -30° Celcius saat musim dingin. Serunya sih kamu bisa main salju yang gak pernah kamu lihat di Indonesia.

Oke guys. Itulah beberapa hal tentang kelebihan dan kekurangan kuliah di Turki. Semoga bisa jadi pertimbangan kamu sebelum kuliah di Turki ya.

Baca Juga : Biaya Kuliah di Turki. Murah Banget!

Daftar Kuliah di Turki

Konsultasi Kuliah di Turki

Please follow and like us: